Category: Uncategorized — admin @ 8:44 am — Comments (0)

Setiap rumah, pasti mendambakan sebuah dapur yang ideal. Tapi dapur ideal tidak harus berukuran besar. Sekalipun berukuran mungil, dengan penataan cermat, dan memaksimalkan manfaat semua sudut ruang, akan tercipta kenyamanan.

Dengan penataan yg maksimal, maka dapur mungil dengan ukuran 2,5 m x 3 m akan terlihat sangat nyaman.

Pilihan perangkat lemari yang rapi dan natural, adalah kunci kenyamanan dapur mungil. Dapur mungil biasanya lebih cocok diterapkan pada rumah yang berkonsep terbuka, artinya dapur ini menjadi satu bagian dengan ruang-ruang lain didalam rumah.

Furniture dapur sengaja dirancang mengikuti alur ruang yang ada, memesan khusus sesuai kebutuhan penghuni rumah dan pemaksimalan ruangan yang ada. Dengan memakai furniture rancangan sendiri, model dan ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lemari kayu
Sebagai pertimbangan estetis, maka dipilih jenis kayu mindi. Jenis kayu ini memiliki serat yang mirip dengan kayu Jati Belanda, punya alur yang besar-besar dan jelas terlihat. Pertimbangan lain adalah warna kayu dipilih yang berwarna cerah atau muda, mengingat ukuran dapur yang mungil, sehingga tidak memberi kesan sempit pada dapur.

Memaksimalkan sudut ruang
Agar semua sudut ruang bisa dimanfaatkan secara maksimal, maka dibuat lemari penuh. Artinya akan ada lemari-lemari yang berbentuk segitiga sebagai tempat penyimpanan. Dengan memaksimalkan penggunaan sudut ruang, maka tidak ada sudut terbuka sehingga debu tidak bersarang.

Kecuali dibawah tangga, tempat penyimpanan yang lain yaitu dibawah meja dapur. Dibuat laci-laci kecil dan besar sehingga mengurangi penggunaan gudang.

Meja makan
Untuk menghemat tempat, maka ruang makan dapur dijadikan satu. Meja makan dibuat langsung bersambung dengan dapur, tentu saja diatur agar letak meja berada diluar area dapur.

Pemilihan warna meja makan disesuaikan dengan lemari-lemari dapur. Tetapi juga bisa dipilih warna yang menonjol untuk vocal point atau membedakan area makan dan dapur.

Untuk memiliki dapur yang rapi, nyaman dan cantik, tidak dibutuhkan ruang yang luas. Dengan pengaturan yang cermat, semua barang dapur bisa tersusun rapi dan kegiatan di dapur menjadi lebih nyaman.

Sumber: Tabloid Rumah