Category: Uncategorized — admin @ 1:52 am — Comments (0)

Desain pagar rumah minimalis ada dua macam, yaitu modern dan natural. Desain pagar minimalis modern terbuat dari besi tempa dan tembok, sementara desain pagar minimalis yang natural terbuat dari bahan kayu atau taman mungil nan sederhana. Setiap desain pagar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pagar dari besi tempa terkesan sederhana, sementara pagar dari tembok memakan cukup banyak tempat dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu, pagar rumah minimalis dengan desain natural nampaknya menjadi pilihan yang menarik.

Jangan berpikiran bahwa pagar ini tidak sesuai untuk anda bangun dengan rumah minimalis modern anda, karena pagar kayu ini fleksibel dan cocok untuk diaplikasikan pada desain rumah apapun. Desain pagar rumah minimalis dengan bahan kayu yang dapat anda pilih, diantaranya: stockade, post and rail, basket weave, spaced-picket, solid board wood fence dan shadowbox. Setiap desain pagar ini memiliki ciri dan keindahannya sendiri yang akan dijabarkan dalam artikel ini.

Desain Pagar Rumah Minimalis dengan Bahan Kayu

Dalam membuat desain pagar rumah minimalis, yang pertama anda harus lakukan adalah menentukan seberapa tinggi pagar itu akan anda bangun. Ketinggian pagar itu akan menentukan berapa banyak kayu yang anda butuhkan dan berapa besar biayanya. Jika anda menginginkan privasi anda tetap terjaga, anda dapat membuat tembok setinggi orang dewasa atau sekitar 2 meter. Kayu yang biasa digunakan untuk pembuatan pagar rumah adalah kayu Jati, kayu Bangkirai, kayu Damar Laut, kayu Ulin, kayu Merbau, dan kayu Mahoni. Jenis kayu ini kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Beberapa desain pagar rumah minimalis yang dapat anda pilih: pertama, stockade yaitu pagar kayu yang tingginya sekitar 1 meter dan dibuat rapat sehingga tidak ada celah untuk mengintip; post and rail adalah pagar kayu yang di desain lebih terbuka untuk menciptakan kesan bersahabat dan ramah; basket weave adalah pagar kayu yang menyerupai anyaman keranjang rotan dan menjaga privasi penghuni rumah; spaced-picket adalah pagar kayu yang tingginya sekitar 1 meter dan penempatan antar batang kayu tidak berdekatan; solid board wood fence adalah pagar kayu dengan desain yang rapat; terakhir, shadowbox adalah pagar kayu dengan desain yang cukup longgar sehingga ada cukup celah bagi orang dari luar untuk mengintip kedalam. Pilihlah desain pagar yang sesuai dengan selera dan anggaran anda. jika anda menginginkan privasi dan mencegah teras rumah anda kotor karena debu, basket weave dan solid board wood fence dapat menjadi pilihan terbaik anda.

Anda dapat mengkombinasikan pagar kayu dengan taman atau kolam sederhana untuk menambah kesan natural dan mempercantik desain pagar rumah minimalis anda. Namun, pengkombinasian ini harus dilakukan secara matang dan hati-hati. Ada baiknya anda meminta bantuan arsitektur yang berpengalaman untuk mendesain pagar rumah dengan kombinasi pagar dan taman mungil nan sederhana.

Desain Pagar Rumah Minimalis dengan Taman Mungil nan Cantik

Selain menggunakan bahan kayu, desain pagar rumah minimalis yang natural juga bisa anda dapatkan dengan membuat taman mungil nan cantik. Taman ini tidak memerlukan banyak tempat, cukup sediakan lahan dengan lebar sekitar 30 cm. Tanaman yang digunakan sebagai pagar natural adalah tanaman dengan bunga yang cantik namun perawatannya sederhana, misalnya: Soka Hawaii, Soka Balada dan Soka Jambon Putih. Desain pagar rumah yang natural dengan menggunakan tanaman seperti ini lebih ramah lingkungan dan cukup murah, namun memang kurang aman. Jadi, ada baiknya anda menambahkan pagar dari besi tempa dibelakang tanaman tersebut.

Membuat Desain Pagar Rumah Minimalis dan Cara Perawatannya

Jika anda tertarik untuk mengaplikasikan desain pagar natural dari kayu dan taman mungil untuk rumah anda, maka anda harus segera mulai memikirkan perencanaan model dan anggarannya. Dengan demikian, pagar yang anda bangun nantinya tidak asal jadi karena menggunakan sisa-sisa dana dari pembangunan rumah anda. untuk perawatan pagar kayu anda cukup mudah. Cukup melapisinya dengan cat khusus yang tahan segala cuaca agar warna alami kayunya tidak mudah luntur. Pilihlah cat dengan kualitas yang baik, agar pagar rumah anda tidak cepat terlihat kusam. Dengan demikian, desain pagar rumah minimalis yang natural dapat anda miliki lebih lama.

Sumber: http://www.rumahminimaliss.com/pagar-rumah/desain-pagar-rumah-minimalis